A. Latar
Belakang
Pelayanan merupakan bagian yang
sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Akhir-akhir ini pelayanan sangat banyak
yang ditemui tidak sesuai dengan konsep yang diterapkan dan bahkan orang yang
melayani tersebut tidak memiliki wawasan tentang pelayanan yang baik.
Dari suatu pengamatan sederhana
itu, penulis
merasa perlu membuat makalah agar dapat memberikan pengetahuan dan pendidikan
tentang pelayanan yang baik atau pelayanan prima.
Dari kamus besar bahasa Indonesia
(Dahlan. 1995:646) menyatakan pelayanan adalah usaha melayani kebutuhan orang
lain. Pelayanan pada dasarnya adalah kegiatan yang ditawarkan kepada konsumen
atau pelanggan yang dilayani, yang sifatnya tidak berwujud dan tidak dapat
dimiliki.
Menurut Kotler
(dalam Kasmiatun 2013:32), pelayanan adalah setiap tindakan atau kegiatan yang
ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak
berwujud dan tidk mengakibatkan kepemilikan apapun dalam rangka memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen demi tercapainya kepuasan pada konsumen itu
sendiri.
Proses interaksi sosial masyarakat luas
berarti pelayanan umum dapat diartikan sebagai memproses pelayan kepada
masyarakat baik berupa barang maupun jasa melalui tahapan, prosedur
persyaratan-persyaratan, waktu dan pembiayaan yang dilakukan secara transparan.
Berbagai pengertian dan
faktor-faktor pelayanan prima dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang baik
sangatlah penting. Dalam hal ini ketika
seseorang memberikan pelayanan tersebut berarti akan ada kepuasan yang akan
didapat baik dari pemberi pelayanan ataupun yang menerima pelayanan tersebut,
maka dari itu pelayan yang baik akan memberikan efek kepuasan pelanggan
sehingga pelanggan akan loyal kepada kita selaku pemberi pelayanan.
B. Identifikasi
Masalah
Penulis mengidentifikasikan
masalah-masalah yang terkait dengan
Pelayanan yang pengaruh pelayanan terhadap pelanggan untuk meningkatan penjualan di Superindo Depok sebagai berikut:
1.
Pemberian pelayanan
yang dilakukan kurang maksimal.
2.
Tidak adanya
kesadaran karyawan dalam memberikan pelayanan terbaik.
3.
Adanya pemikiran
bahwa memberikan pelayanan hanya saat tertentu saja
C. Pembatasan Masalah
Mengingat luasnya persoalan yang mungkin diteliti dan dihubungkan dengan judul
diatas maka penulis ingin membatasi pembahasan sebagai berikut:.
1. Menurut Sugiarto (2002:216) Pelayanan adalah upaya
maksimal yang diberikan oleh petugas pelayanan dari sebuah perusahaan industri
untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan sehingga tercapai kepuasan.
2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Pelanggan adalah
orang yang membeli (menggunakan dan sebagainya) barang (surat kabar dan
sebagainya) secara tepat.
3. Menurut Sutamto (dalam Akbar 2015:33 ) Penjualan adalah suatu usaha yang
dilakukan oleh manusia untuk menyampaikan barang kebutuhan yang telah
dihasilkan kepada mereka yang memerlukan dengan uang menurut harga yang
ditentukan atas persetujuan bersama.
4. Tempat penelitian dilakukan di Superindo Depok yang
beralamat di Jl.Muchtar No.1 Pancoran
Mas – Depok.
5. Data yang diambil untuk tahun 2013-2017.
6. Jenis penelitian yang dilakukan bersifat kuatitatif,
menurut Sugiyono
(2012:205) metode penelitian kuantitatif adalah bahwa gejala dari suatu obyek
itu sifatnya tunggal dan parsial.
D.
Perumusan
Masalah
Agar penelitian ini
menjadi lebih fokus pada permasalahan yang akan dibahas maka penulis mencoba
membuat rumusan masalah sebagai berikut:
1.
Apakah pelayanan
yang kurang memuaskan berpengaruh terhadap penjualan di Superindo Depok?
2.
Berapa besar
pengaruh pelayanan terhadap penjualan di Superindo Depok?
3.
Bagaimana pemberian
pelayanan yang berpengaruh terhadap penjualan di Superindo Depok?
E.
Tujuan dan Manfaat
1.
Tujuan Penelitian
a.
Untuk mengetahui
seberapa besar pelayanan yang diberikan oleh karyawan Superindo Depok.
b.
Untuk mengetahui
seberapa besar kesadaran karyawan dalam memberikan pelayanan.
c.
Untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh pelayanan terhadap penjualan di Superindo Depok
2.
Manfaat Penelitian
Manfaat Teoritis
a.
Bagi Penulis
1)
Untuk memenuhi
salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S-1) Program Studi
Akuntansi Fakultas Ekonomi pada Universitas Pamulang dan mengimplementasikan
keilmuan yang diperoleh di dalam perkuliahan dengan realita yang ada, sehingga
menjadi bahan masukan guna menambah wawasan pengetahuan.
b.
Bagi Universitas Pamulang
1)
Sebagai masukan
yang bermanfaat bagi civitas akademik, khususnya rekan mahasiswa dalam menambah
perbendaharaan kepustakaan ilmu pengetahuan akuntansi audit, dalam memperluas
cakrawala fikir dan pengembangan ilmu pengetahuan dengan data yang di peroleh
penulis.
c.
Bagi Peneliti Selanjutnya
1)
Sebagai bahan
referensi bagi peneliti lain dalam mengkaji bidangsistem pengendalian internal
dan pemeriksaan operasional terhadap efektivitas pembayaran piutang.
2)
Manfaat Praktis
Bagi Perusahaan Penelitian ini diharapkan membantu mengidentifikasikan permasalahan
yang berkaitan dengan pengendalian intern dan pemeriksaan operasional terhadap
efektivitas pembayaran piutang,sekaligus memberikan alternatif jawaban atas
persoalan yang dihadapi oleh perusahaan.
F. Kerangka Pemikiran
Menurut Sugiyono
(2012:89) kerangka berpikir merupakan sintesa tentang hubungan antar variable
yang disusun dari berbagai teori yang telahdideskripsikan. Kerangka pemikiran
adalah gambaran dalam tinjuan pustaka atas dasar teori-teori yang menjadi
landasan dalam penelitian. Kerangka pemikirian pada intinya berusaha
menjelaskan konstelasi hubungan antar variabel yang diteliti. Untuk mendapatkan
sebuah kerangka pemikiran yang mendalam, tidak menyimpulkan hanya dari fakta
yang dapat terindra, atau hanya dari sekedar informasi-informasi yang
terpenggal. Selain itu diperlukan sebuah pemikiran yang cerdas dan cemerlang
akan setaip informasi yang dimilikinya dan berupaya dengan keras menyimpulkan
sesuatu kesimpulan yang memunculkan keyakinan.
Dalam penelitian ini terdapat tiga pokok fenomena
diantaranya Pelayanan yang kurang maksimal, Pelanggan yang mengeluhkan
pelayanan, Penjualan menurun yang mungkin disebabkan karena pelayanan yang
buruk. Variabel X1 pada penelitian ini yaitu Pengaruh Pelayanan terhadap
Pelanggan, dan variabel Y pada penelitian ini yaitu Meningkatkan Penjualan.
Adapun kerangka pemikiran dalam penelitian ini dapat disajikan dalam skema
berfikir seperti berikut:
G.
Hipotesis
Hipotesis berasal
dari penggalan kata hypo yang artinya di
bawah
dan thesa
yang artinya kebenaran,
jadi hipotesa yang kemudian cara menulisnya disesuaikan dengan ejaan Bahasa
Indonesia menjadi hipotesa dan berkembangan menjadi Hipotesis. Pernyataan yang
masih lemah perlu diuji apakah hipotesis dapat diterima atau tidak. Sugiyono (dalam Setiorini 2013:8) menyatakan hipotesis merupakan jawaban sementara
terhadap rumusan masalah penelitian.Dikatakan sementara karena jawaban yang
diberikan baru didasarkan pada teori yang relevan, belum didasarkan pada
fakta-fakta empiris yang diperoleh melalui pengumpulan data.
Peneliti mengajukan hipotesis sebagai berikut
:
Ho Tidak
terdapat pengaruh pelayanan terhadap penjualan Superindo
H1 Terdapat
pengaruh pelayanan terhadap penjualan Superindo
H.
Sistematika
Penulisan
a.
Sampul Muka
b.
Halaman Pengesahan
c.
Halaman Pernyataan
d.
Halaman Abstrak
(Bahasa Indonesia)
e.
Halaman Abstract
(Bahasa Inggris)
f.
Kata Pengantar
g.
Daftar Isi
h.
Daftar Tabel
i.
Daftar Gambar
j.
Daftar Lampiran
k.
Bagian Utama
Bab I : Pendahuluan
a.
Latar Belakang
Masalah
b.
Indentifikasi
Masalah
c.
Pembatasan Masalah
d.
Perumusan Masalah
e.
Tujuan dan Manfaat
Penelitian
f.
Kerangka Pemikiran
g.
Hipotesis
h.
Sistematika
Penulisan
i.
Kerangka Pemikiran
Bab II : Tinjauan
Pustaka
Bab III : Metodologi Penelitian
a.
Jenis Penelitian
b.
Model Penelitian
c.
Populasi dan Sampel
d.
Teknik Pengumpulan Data
e.
Pengolahan dan Analisis Data
f.
Operasionalisasi
Variabel
Bab IV : Hasil dan Pembahasan
Bab V : Kesimpulan dan Saran
I.
Pendekatan Data dan
Keilmuan
1. Pelayanan
Menurut Sugiarto (2002:216)
Pelayanan adalah upaya maksimal yang diberikan oleh petugas pelayanan dari
sebuah perusahaan industri untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan
sehingga tercapai kepuasan.
Helien (dalam Kasmiatun, 2014:32)
menyatakan bahwa Pelayanan pelanggan adalah Kegiatan yang berorientasi kepada
pelanggan yang terdiri dari elemen-elemen nyata berupa faktor yang bisa diraba,
didengar dan dirasakan seperti ukuran,berat,warna dan sebagainya. Kemudian
adanya elemen-elemen tidak nyata yaitu lebih sulit diukur dan sering kali
subyektif karena tergantung pada sikap-sikap yang bisa dipengaruhi namun tidak
diajarkan, sebagai contoh rasa nyaman,rileks,percaya dan lain sebagainya.
Menurut Kotler (dalam
Kasmiatun, 2014:32) Pelayanan adalah Setiap tindakan atau kegiatan yang dapat
ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak
berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksinya dapat
dikaitkan atau tidak dikaitkan pada satu produk fisik sehingga pelayanan
merupakan perilaku produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen demi tercapainya kepuasaan pada konsumen sendiri.
Gronroos (dalam Kasmiatun
2014:33) mendefinisikan pelayanan sebagai Suatu aktivitas yang bersifat tidak
kasat mata yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara konsumen dan
karyawan atau hal-hal yang disediakan organisasi pemberi pelayanan yang
dimaksud untuk memecahkan permasalahan masyarakat dilayani.
J.
Tim Peneliti
Alhamdulillah
kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan ridho dan
rahmatnya kami dapat menyelesaikan penelitian ini. Dalam proses pengumpulan
data-data dan juga proses pembuatan penelitian ini kami berterima kasih kepada
:
1.
Allah SWT yang telah memberikan nikmat umur, kesehatan serta
rezeki sehingga bisa mempermudah segala penelitian yang dilakukan.
2.
Orang tua yang selalu memberikan doa serta semangat yang
tiada henti agar cepat selesainya penelitian ini.
3.
Bapak H. Endang Ruhiyat, SE., MM selaku
Ketua Program Studi Akuntansi Universitas Pamulang
4.
Bapak Angga Hidayat
M.Pd selaku Pembimbing.
K.
Jadwal Kegiatan
L.
Anggaran Penelitian
No
|
Anggaran
|
Jumlah
|
1
|
Biaya
Print
|
500.000
|
2
|
Biaya
Transportasi
|
500.000
|
3
|
Biaya Konsumsi
|
1.000.000
|
3
|
Biaya
Penyusunan Proposal & Skripsi
|
1.000.000
|
4
|
Biaya
Pembimbing
|
1.000.000
|
5
|
Biaya
Wisuda
|
2.000.000
|
Jumlah
|
6.000.000
|
|
M.
Pedoman Peliputan
Data
Pedoman
yang digunakan dalam peliputan data yaitu menggunakan data primer. Data primer
diperoleh menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada Karyawan Superindo yang
ada di Depok. Selain itu data diperoleh
dari buku – buku dan informasi yang berasal dari jurnal di internet.
N.
Metodologi
Penelitian
1.
Jenis Penelitian
Jenis
penelitian ini berdasarkan tujuan penelitian adalah penelitian dasar karena
peneliti ingin memperkaya ilmu pengetahuan. Jenis penelitian
diharapkan diperoleh informasi yang cukup memadai dengan mutu yang tinggi
adalah penelitian survey. Karena
peneliti terjun langsung kepada karyawan
dan pelanggan Superindo Depok.
2.
Model Penelitian
Model
penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Kuantitatif. Karena
peneliti berusaha menjelaskan keadaan yang terjadi saat ini pada pemasalahan
yang diambil peneliti.
3.
Populasi dan Sampel
a.
Polulasi
Menurut Sugiyono
(2012:80) Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek
yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang diterapkan oleh
peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan. Populasi dari
penelitian ini adalah para Karyawan
Superindo Depok.
Dari 30 orang
karyawan yang berkerja dengan perusahaan dan memiliki status karyawan tetap
yang dijadikan sample. Dimana 15 orang ini akan dipilih melalui sample random
sederhana, yaitu dengan cara dimana masing-masing dari 30 orang tersebut akan
mendapatkan kesempatan yang sama untuk terpilih dalam studi ini. Hal tersebut
akan memastikan akurasi dan ketelitian.
b.
Sampel
Menurut Sugiyono (2012:81) sampel
adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi
tersebut.(sampel
sendiri secara harfiah berarti contoh). Sampel
yang digunakan adalah para Karyawan
Superindo Depok.
4.
Teknik Pengumpulan Data
a. Observasi
Penelitian
ini melakukan observasi di Superindo Depok
dan sekitarnya untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan terhadap pelanggan yang mampu meningkatkan
pnjualan di Superindo Depok dan sekitarnya.
b. Kuesioner
Penelitian
ini juga melakukan penyebaran kuesioner.Penyebaran
kuesioner ini dilakukan dengan cara mendatangi langsung responden ke lapangan,
agar lebih meyakinkan bahwa data yang dikumpulkan memang diisi karyawan dan diisi
pada waktu istirahat kerja dan dikembalikan tanpa mencantumkan nama dan
dimasukan ke kotak yang telah disiapkan.
5.
Pengolahan dan
Analisis Data
Setelah dikumpulkan
maka informasi akan diterima dan dengan teknik analisis data yang tepat maka
selanjutnya terdapatlah informasi kemungkinan alasan karyawan tidak memberikan pelayanan
yang terbaik.
6.
Definisi
Operasional
Analisis data yang akan dilakukan peneliti adalah menganalisis
data langsung kepada para Wajib Pajak Orang Pribadi dengan menyebakan kuesioner
secara langsung kepada responden. Tahapan yang dilakukan peneliti adalah
sebagai berikut:
a. Validitas
b. Relabilitas
c. Uji Asumsi Klasik
d. Regresi
e. Korelasi
f.
Koefisien
Determinasi
g. Uji T
h. Uji F
i.
Sekunder
Menurut Sugiyono (2011:137) sebagai
berikut “Sumber sekunder merupakan sumber data yang diperoleh dengan cara
membaca, mempelajari dan memahami melalui media lain yang bersumber dari
literatur, buku-buku, serta dokumen perusahaan.” Data sekunder dalam penelitian
ini diambil dari jurnal-jurnal ilmiah serta buku-buku
yang membahas mengenai pelayanan.
X1 = Dimensi Pelayanan yang dirasakan oleh Pelanggan di Superindo Depok
X2 = Dimensi Pelayanan yang
meningkatkan Penjualan di Superindo Depok
Y
= Persepsi Pelanggan terhadap pelayanan yang dirasakan kurang baik.
O.
Daftar Pustaka
Akbar, Angga Kurniadi. (2015). Pengaruh
Biaya Promosi Terhadap Total Penjualan pada Toko Batobo. Universitas Pamulang : Skripsi yang Tidak Diterbitkan.
Kamus
besar bahasa Indonesia.http://kbbi.web.id/penelitian. Diakses 15 Januari 2016
Kasmiatun, Ambar. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada
PT.Profit Uang Melimpah (Restoran Pong Me Lounge). Universitas Pamulang :
Skripsi yang Tidak Diterbitkan.
Setiorini, Nurul. (2013).
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan
Terhadap Tingkat
Kepuasan
Pengguna
Jasa Kereta Api di Stasiun Tanah Abang Jakarta. Universitas Pamulang : Skripsi yang Tidak Diterbitkan.
Sugiyono.
2011. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D.Bandung: Alfabeta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar